Jumat, 01 Mei 2015

BerDAYAKAN apa yang ada di KITA!!!



Melihat keaadan yang terjadi saat ini ada dua penyikapan yang sangat bertolak belakang. Di satu sisi keadaan memaksa untuk semakin mengencangkan ikat pinggang. Berbagai macam harga kebutuhan yang cenderung naik, tidak stabil, sulit diprediksi dan sebagainya. Belum lagi kondisi keamanan, stabilitas sosial politik yang labil, membuat orang yang ingin berusaha harus berhitung dalam banyak hal.. dan itu tidak mudah (memang..)

Lalu ada sekelompok orang yang selalu mengeluh, memprotes keadaan, mengajak orang untuk selalu mengecam keadaan, kelompok, bahkan pemimpinnya.. Padahal Rasulullah shallallahu Alaihi Wassallam melarang itu.. Kita diminta bersabar terhadap keputusan pemimpin. Taat dalam hal yang baik, dan mengingkari dalam hal yang mengandung maksiat kepada Allah Subhaanahu Wata’aala

Ada pula sekelompok orang yang cerdik, jeli, selalu bersyukur kepada Allah Subhaanahu Wata’aala dengan apa yang telah dikaruniakanNYA. Memang keadaan sekarang cenderung sulit. Namun lihatlah di sekliling kita.. Sangat banyak hal yang layak untuk disyukuri. Bukankah kita masih diberikannya telinga untuk mendengar, mata untuk melihat, pikiran yang sehat untuk berfikir, hati untuk menganalisa yang baik dan benar.. Tentunya dengan petunjuk Allah Subhaanahu Wata’aala

Di saat yang katanya kebutuhan pokok meningkat, BBM naik, Gas, Listrik naik, kog ya masih ada orang berjualan nasi bungkus dengan harga 3ribu an, 5 ribuan (di bawah 10ribu). Di Kota Malang, kami masih bisa sarapan Nasi Pecel dengan harga 5-7ribuan.. Alhamdulillah..

Kalau merasa BBM mahal, kita masih bisa keliling kota dengan angkot hanya membayar 3ribu saja.. dari Dinoyo sampai Arjosari (misal) yang jaraknya bisa mencapai 10km lebih.. Kasihan tuh angkot sekarang banyak yang sepi.. L

Kalau merasa listrik PLN mahal, coba deh anda mencoba mengalirkan listrik menggunakan genset dengan bahan bakar bensin atau solar, sangat repot dan ternyata mahal juga.. Memang mahalnya listrik dirasakan karena kebanyakan konsumennya menggunakannya untuk banyak hal yang bersifat sia-sia dan konsumtif, seperti hanya untuk nonton TV (yang acaranya banyak tdk berguna), lalu untuk mendengarkan musik, dll. Padahal Nabi Shallallaahu Alaihi Wassallam menasehati kita untuk meninggalkan hal yang sia sia.. Jika saja listrik PLN digunakan untuk hal yang bersifat produktif, maka InsyaAllah akan dirasa murah..

Lihatlah potensi yang sangat banyak kita punya, dan manfaatkan itu untuk berusaha, maka InsyaAllah kita akan lebih banyak bersyukur daripada sekedar memprotes keadaan...
Toh segala macam demo, marah-marah di jalan, membakar ban, dan sebagainya juga tidak akan menyelesaikan masalah.. Dan banyak pula dari kita sendiri menulis protes protes, menyindir dan menyalahkan pemerintah dengan menggunakan sosial media di Internet. Membuat opini lewat blog, facebook, twitter dan sebagainya.. dan habis waktu, tenaga dan BIAYA pula untuk ber internet itu.. (hehe) nggak menghasilkan apa-apa pula.. karena memang pemerintah nggak akan dengar.. (atau dengar tapi tidak ditanggapi)

Lha, kenapa kita yang punya potensi bisa INTERNET, bisa ONLINE, punya ponsel cerdas, punya komputer, laptop ini tidak mulai melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga atau masyarakat...? Karena punya Ponsel cerdas dan bisa internet saja sudah merupakan sesuatu yang harusnya sangat sangat sangat perlu untuk disyukuri..

Cobalah renungkan akhir surat Ad Dhuha yang sering kita baca...

 وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ
"Dan terhadap ni'mat Tuhanmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur)"

Maka, sebutlah terus apa yang ada di kita, sebut satu-satu.. buat list nya buat daftarnya.., maka kita akan lebih banyak bersyukur daripada sekedar MEMPROTES keadaan.. lalu Manfaatkan ITU!!! apapun itu.. Kalau di INFO ini, jika kita punya HP Android, kita bisa menggali Potensi lewat Aplikasi Paytren, atau bisa lewat yang lainnya.. nggak harus itu.. apa saja..

Jika kita melihat sebuah kesempatan, maka ambil itu, gali potensinya dan.. bersyukur..


SEMOGA ALLAH SUBHAANAHU WATA'AALA melimpahkan BERKAHNYA kepada kita SEMUA... aamiin

Link Paytren
- Paytren untuk pembelian PULSA HP
- Paytren untuk pembayaran listrik PLN, TOKEN, PDAM, Cicilan, dll
- Paytren untuk pembelian tiket PESAWAT
- Cashback di Paytren



Tidak ada komentar:

Posting Komentar