Minggu, 03 Mei 2015

Tinjauan syar'i dalam MLM Paytren



Dalam sistem penjualan aplikasi Paytren, sistem yang digunakan adalah sistem networking atau jaringan yang lebih kita kenal dengan sistem Multilevel Marketing / MLM. Memang banyak dari kita agak alergi dengan istilah tersebut, karena banyak yang (mungkin) pernah merasa "tertipu" atau tidak sukses dalam bisnis MLM. Lantas bagaiman kita menyikapinya..?

Sebenarnya, MLM hanyalah sistem penjualan saja. Yang paling penting adalah nilai manfaat dari produk itu memang lebih dengan harga yang "wajar". Atau --> Produk ini memang kita butuhkan. Namun, sebagai seorang Muslim, saya juga perlu mempertimbangkan tinjauan syar'i-nya agar yakin akan dibolehkannya berbisnis paytren ini atau tidak..

Referensi yang saya buka di http://pengusahamuslim.com/multi-level-marketing-dalam-timbangan-syariat/

Fatwa yang diambil adalah teks fatwa para masyayikh Yordania murid-murid Imam Al Albani, yaitu: Syaikh Ali Hasan, Masyhur Hasan Alu Salman, Salim bin 'Id Al Hilali dan Musa Alu Nashr.

Ok, mari kita bahas, Ada dua kaedah yang sangat penting untuk bisa memahami hampir seluruh permasalahan yang berhubungan dengan hukum islam, sebagaimana dikatakan oleh Imam Ibnul Qoyyim:
"Pada dasarnya semua ibadah hukumnya haram kecuali kalau ada dalil yang memerintahkannya, sedangkan asal dari hukum transaksi dan mu'amalah adalah halal kecuali kalau ada dalil yang melarang." (Lihat I'lamul Muwaqqi'in 1/344)
Oleh karena itu, APAPUN model dan nama bisnis tersebut pada dasarnya dihukumi HALAL selagi dilakukan atas dasar sama-sama RIDHA dan TIDAK MENGANDUNG UNSUR KEHARAMAN. Adapun suatu transaksi bisnis/usaha bisa jatuh kedalam HARAM apabila memenuhi unsur-unsur sebagai berikut :
  • RIBA
  • GHOROR (adanya spekulasi yang tinggi) dan JAHALAH (adanya sesuatu yang tidak jelas). Dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalaam melarang jual beli ghoror (HR. Muslim 1513)
  • PENIPUAN
  • PERJUDIAN atau ADU NASIB
  • KEDHOLIMAN
  • Yang DIJUAL memang HARAM
Nah, dalam menghukumi MLM tidak bisa dihukumi secara umum karena memang banyaknya sistem dan bentuk bisnis dalam MLM itu sendiri. Namun, ada beberapa jenis MLM yang jelas keharamannya yang menggunakan sistem sebagai berikut :

  1. Menjual barang-barang yang diperjual belikan dalam sistem MLM dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga yang wajar, maka hukumnya haram karena secara tidak langsung pihak perusahaan telah menambahkan harga barang yang dibebankan kepada pihak pembeli sebagai sharing modal dalam akad syirkah mengingat pihak pembeli sekaligus akan menjadi member perusahaan yang apabila ia ikut memasarkan akan mendapatkan keuntungan secara estafet. Dengan demikian praktek perdagangan MLM mengandung unsur kesamaran atau penipuan karena terjadi kekaburan antara akad jual beli, syirkah sekaligus mudlorobah, karena pihak pembeli sesudah menjadi member juga berfungsi sebagai pekerja yang akan memasarkan produk perusahaan kepada calon pembeli atau member baru. (Lihat Fiqih Indonesia hal: 288)
  2. Calon anggota mendaftar ke perusahaan MLM dengan membayar uang tertentu, dengan ketentuan dia harus membeli produk perusahaan baik untuk dijual lagi atau tidak dengan ketentuan yang telah ditetapkan untuk bisa mendapatkan point atau bonus. Dan apabila tidak bisa mencapai target tersebut maka keanggotaannya akan dicabut dan uangnya pun hangus. Ini diharamkan karena unsur ghoror (Spekulasi) nya sangat jelas dan ada unsur kedloliman terhadap anggota.
  3. Calon anggota mendaftar dengan membayar uang tertentu, tapi tidak ada keharusan untuk membeli atau menjual produk perusahaan, dia hanya berkewajiban mencari anggota baru dengan cara seperti diatas, yakni membayar uang pendaftaran. Semakin banyak anggota maka akan semakin banyak bonusnya. Ini adalah bentuk riba karena menaruh uang diperusahaan tersebut kemudian mendapatkan hasil yang lebih banyak.
  4. Mirip dengan yang sebelumnya yaitu perusahaan MLM yang melakukan kegiatan menjaring dana dari masyarakat untuk menanamkan modal di situ dengan janji akan diberikan bunga dan bonus dari modalnya. Ini adalah haram karena ada unsur riba.
  5. Perusahaan MLM yang melakukan manipulasi dalam memperdagangkan produknya, atau memaksa pembeli untuk mengkonsumsi produknya atau yang dijual adalah barang yang haram. Maka MLM tersebut jelas keharamannya. Namun ini tidak cuma ada pada sebagian MLM tapi bisa juga pada bisnis model lainnya.
Selanjutnya karena itu semua, Syaikh Salim Al Hilali hafidlohullah. (1) Beliau berkata:
"Banyak pertanyaan seputar bisnis yang banyak diminati oleh khalayak ramai. Yang secara umum gambarannya adalah mengikuti program piramida dalam sistem pemasaran, dengan cara setiap anggota harus mencari anggota-anggota baru dan demikian terus selanjutnya. Setiap angota membayar uang pada perusahaan dengan jumlah tertentu dengan iming-iming dapat bonus, semakin banyak anggota dan semakin banyak memasarkan produknya maka akan semakin banyak bonus yang dijanjikan. Sebenaranya kebanyakan anggota MLM ikut bergabung dengan perusahaan tersebut adalah karena adanya iming-iming bonus tersebut dengan harapan agar cepat kaya dengan waktu yang sesingkat mungkin dan bukan karena dia membutuhkan produknya. Bisnis model ini adalah perjudian murni, karena beberapa sebab berikut, yaitu:
  1. Sebenarnya anggota MLM ini tidak menginginkan produknya, akan tetapi tujuan utama mereka adalah penghasilan dan kekayaan yang banyak lagi cepat yang akan diperoleh setiap anggota hanya dengan membayar sedikit uang.
  2. Harga produk yang dibeli sebenarnya tidak sampai 30 % dari uang yang bayarkan pada perusahaan MLM
  3. Bahwa produk ini bisa dipindahkan oleh semua orang dengan biaya yang sangat ringan, dengan cara menyalinnya dari situs perusahaan MLM ini di jaringan internet.
  4. Bahwa perusahaan meminta para anggotanya untuk memperbaharui keanggotaannya setiap tahun dengan diiming-imingi berbagai program baru yang akan diberikan pada mereka.
  5. Tujuan perusahaan adalah membangun jaringan personil secara estafet dan berkesinambungan. Yang mana ini akan menguntungkan anggota yang berada pada level atas (Up Line) sedangkan level bawah (down line) selalu memberikan nilai point pada yang berada di level atas mereka. 
MLM yang melakukan kerja dengan poin di atas dinyatakan keharamannya oleh para Ulama dikarenakan hal-hal berikut :

  1. Ini adalah penipuan dan manipulasi terhadap anggota.
  2. Produk MLM ini bukanlah tujuan yang sebenarnya. Produk itu hanya bertujuan untuk mendapatkan izin dalam undang-undang dan hukum syar'i.
  3. Banyak dari kalangan ekonom dunia sampai pun orang-orang non muslim meyakini bahwa jaringan piramida ini adalah sebuah permainan dan penipuan, oleh karena itu mereka melarangnya karena bisa membahayakan perokonomian nasional baik bagi kalangan individu maupun bagi masyarakat umum.
SELANJUTNYA, BAGAIMANA dengan kita yang ingin BErBISNIS PAYTREN..?
Untuk itu kita harus menakar, mempertimbangkan, dan memutuskan terhadap poin-poin yang telah disebutkan di atas.. Ok, mari kita analisa:

ASUMSI saya ADALAH penjualan PAKET BASIC seharga Rp. 340.000,- dengan ketentuan bahwa akan mendapatkan USER ID, Password, PIN, Licency PENUH paytren dan Deposit sebesar Rp.15.000,- ini TIDAK TERMASUK DALAM POIN-POIN KEHARAMAN sistem MLM di atas karena beberapa hal berikut:

  • Harga yang ditawarkan adalah termasuk harga yang wajar untuk sebuah sistem aplikasi software dan aplikasi ini justru menawarkan kemudahan dan keuntungan dalam bertransaksi bagi pemakainya
  • Untuk pembelian paket BASIC, member tidak diwajibkan membayarkan sejumlah uang tertentu, karena biaya yang dibayarkan ya hanyalah untuk pembelian paket tersebut. Dalam klausul ketentuan, memang disyaratkan member mereferensikan kepada 2 orang, namun ini sifatnya tidak mengikat karena tidak ditentukan waktunya alias bebas.. Dan tidak ditarget jumlahnya..
  • Tidak ada pemaksaan bagi member untuk membeli produk Treni atau paytren semisal Habspro atau treni power, yang ada MALAH memang member akan selalu melakukan pembayaran rutin seperti PLN, PDAM, Pulsa dan yang lainnya dengan lebih mudah melalui aplikasi PAytren ini.
  • Tidak ada unsur penipuan karena sistem yang ditawarkan jelas, dan untuk sistem penjualan networking yang ada justru untuk saling menguntungkan antar member.
  • Untuk sistem komisi bagi member yang berhasil menjualkan paket paytren tidak ditentukan semacam target penjualan
Pada INTINYA adalah, penjualan PAYTREN ini murni karena memang aplikasi ini dibutuhkan untuk mempermudah kegiatan kita yang berkaitan dengan pembayaran-pembayaran rutin bulanan. Adapun bagi yang berniat untuk menjadi agen untuk berjualan aplikasinya, harus benar-benar menjelaskan secara gamblang dan JELAS kepada calon konsumen tentang keunggulan dan manfaat yang didapat jika masuk ke komunitas PAYTREN..

dan kita harus BERILMU dahulu sebelum menjual PAYTREN ini kepada KONSUMEN.. dan seyogyanya tetap memberikan penjelasan kepada konsumen kita jika masih kurang paham dalam penjualannya..

Memang perlu HATI-HATI dalam berbisnis PAYTREN ini kalaau sudah masuk ke iming-iming angka yang terlalu besar seperti yang dijanjikan dalam reward bonusnya. Yang akhirnya kita asal jual-jual saja tanpa memberikan penjelasan yang lengkap.. Hanya bersemangat menjaring member saja tanpa memberikan edukasi yang memadai.. Jika ini terjadi maka bisa masuk ke subhat ghoror karena dikhawatirkan konsumen yang kurang paham akan kecewa. Maka, kuatkanlah ILMU dan selalu memberi informasi yang JELAS kepada Konsumen itu adalah kata kuncinya..

Wallahu A'lam

37 komentar:

  1. https://www.scamwatch.gov.au/types-of-scams/jobs-investment/pyramid-schemes

    http://www.pengusaha.us/2014/03/apakah-vsi-penipuan-apakah-ini-sekedar.html

    https://id-id.facebook.com/notes/wita-radyasari/waspada-pada-mlm-jenis-skema-ponzi-piramida-dan-money-game/10152795371777707

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi bilan kepada saya kalau MBAH MIJAN bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi ROHMO RUPIAH dan dengan senan hati MBAH MIJAN ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH MIJAN,di 082396595377 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan MBAH MIJAN dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya Ataumencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama MBAH MIJAN dan dia memberikan nomor MBAH MIJAN,dia
      HUBUNGI MBAH MIJAN DI 082396595377

      KALAU PENGEN MASALAH ANDA CEPAT TERSELESAIKAN

      beliau juga melayani :

      1.jual tuyul
      2. blu perindu
      3. macam macam pesughihan
      4. melipatgandakan uang
      5.togel sgp, togel hk, toto malaysia, 7d, suprime

      dalam proses menjalani kehidupan sudah pasti kita akan mengalami berbagai macam permasalahan dan kesulitan dalam menjalaninya,
      baik dari segi keluarga, pekerjaan, ekonomi bahkan permasalahan yang menyangkut diri pribadi.
      Namun kita harus tetap berpikir jernih dan tenang dalam menjalani proses kehidupan ini.





      KISAH NYATA…………..
      Ass.Saya Ingin Berbagi Cerita
      dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
      saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
      saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
      internet dan menemukan nomor Ki Rohmo,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
      sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub MBAH MIJAN rupiah di nmr 082396595377 mBAH mIJAN,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

      KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
      BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

      ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

      Pesugihan Instant 10 MILYAR
      Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

      Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
      Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
      dll

      Syarat :

      Usia Minimal 21 Tahun
      Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
      Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
      Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
      Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

      Proses :

      Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
      Harus siap mental lahir dan batin
      Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
      Pada malam hari tidak boleh tidur

      Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

      Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
      Ayam cemani : 2jt
      Minyak Songolangit : 2jt
      bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

      Prosedur Daftar Ritual ini :

      Kirim Foto anda
      Kirim Data sesuai KTP

      Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

      Kirim ke nomor ini : 082396595377
      SMS Anda akan Kami balas secepatnya

      Maaf Program ini TERBATAS .


































      Hapus
  2. APAKAH ANDA SALAH SATU YANG MENGALAMI INI?

    1. Belum pernah menjalankan bisnis MLM karena bingung memilih MLM mana yang akan dijalankan.

    2. Tertarik bisnis MLM tapi enggan join karena takut ditolak, malu atau takut dilecehkan prospek.

    3. Sebelumnya sering gagal di MLM, walaupun sudah pindah MLM berkali-kali.

    4. Hampir frustasi dengan bisnis MLM yang dijalani saat ini.

    5. Boros presentasi face to face, mengajak orang ke pertemuan namun tidak ada hasil.

    6. Leader anda menyarankan bila menawarkan peluang bisnis jangan menyebut MLM???

    Disini SOLUSINYA !!!

    treniuym.com/lampung

    Singkatnya, anda akan tinggalkan cara lama dan mulai gunakan cara baru!

    BalasHapus
  3. Bonus yg didapat itu dr mana ya? Sampai ratusan juta per bulan... Itu diambil dr uang siapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info Detail Paytren
      PIN BB: 5BB81646
      WA : 085341003881
      SILAHKAN KUNJUNGI!!!!
      http://www.paytrenofficial.com/?reg=tn0264304 atau http://tinyurl.com/jsyz24f

      Hapus
  4. Reiki Slimming Massager 081380783912

    Reiki dengan tenaga baterai saja Tanpa Adaptor




    1 Paket Berisi :
    1 Mesin Terapi
    2 Gel Pad Elektroda
    2 Baterai AAA
    2 Kabel
    2 Tatakan Gel ELektroda
    1 Kertas Petunjuk

    BalasHapus
  5. dipasaran banyak aplikasi sejenis yang daftarnya free.

    kita tinggal deposit saja sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  6. Fithrawan Paytren, Salam Kenal. Syar'i tidaknya sebuah bisnis marketing harus dikaji lebih mendalam dengan melibatkan pihak yang berkompoten dan berwenang dalam hal ini DSN MUI. Bukan kajian sepihak dari member dan atau perusahaan. Klau PayTren itu sudah dinyatakan MLM bebas riba kok ngak ada sertifikasi hahalnya dari DSN MUI. Ini yang ditunggu ummat. Ada tidaknya biaya tersembunyi yang diselipkan/dilekatkan pada paket pendaftaran yang akan diberikan kepada member yang telah bergabung sebelumnya dengan kedok bonus sponsor & bonus2 lain harus dikaji bersama DSN MUI. Saat ini MLM yang memperoleh sertifikasi syariah DSN MUI tidak ada bonus yang dibagikan dari biaya pendaftaran, semua bonus murni berasal dari penjualan produk/jasa. Konsultasi tentang hal ini silahkan kunjingi www.mui.or.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya join di bebasbayar, DAFTAR GRATIS.. Harga pulsany murah contoh pulsa Three 10 hargany Rp10.300 saya jual Rp12.000, untung Rp1,700 ditambah cashback Rp25. Kecil sih tapi saya syukurin aja.

      Untuk pembayaran listrik, pdam, bpjs, tv kabel, tiket, dll cashback hingga Rp2.400/transaksi saya memang upgrade ke account premium dgn biaya 150rb (sekali seumur hidup) tapi sebandinglah karena untuk mendapatkan cashback yang lebih besar.

      Saya sudah baca banyak info mengenai bisnis payment yg lain. Dan saya lebih suka pembayaran Bebas Bayar karena transaksi apapun yang gak pake lama, dan di account premium bisa tarik tunai saldo untuk dimasukan lagi ke dalam rekening.

      Saya tutup satu rekening saya lalu saya alokasikan sebagian saldo tabungan untuk dijadikan deposit, karena untuk diputar di usaha loket lagipula deposit di bebasbayar tidak ada biaya admin perbulan seperti di bank. Hehe

      Jadi jelas aplikasi bebasbayar untuk dipakai sendiri lebih hemat dan tentunya lebih praktis, dijadikan bisnis sampingan lebih untung.

      Dijadikan bisnis untuk mengembangkan jaringan juga oke, tapi tetep fokusny untuk pemakaian sendiri karena apabila diri sendiri terbantu dgn aplikasi bebasbayar ini, saya sarankan kepada orang lain pun dengan senang hati.

      Silahkan klik dibawah ini untuk mendaftar

      daftar disini

      Atau bisa juga dengan install aplikasi "bebasbayar" di smartphone android dan daftar dengan ID_SPONSOR :12448630
      KLIK LINK DIBAWAH INI :
      http://www.bebasbayar.com/play-store/?b=d9cdf967


      Pin bbm : 2BBE5659

      Terima kasih

      Hapus
  7. Diluaran memang banyak , dan gratis , tapi dengan menu terbatas, ada yang katanya gratis tapi kedepanya harus bayar juga untuk dapat menu yang kebih lengkap. Masa sih hasil karya bangsa sendiri gak mau dihargai , lagian yang punya Paytren kan Ustad Yusuf Mansur, keuntungan Penjualan. Paytren kan disumbangkan ke Pondok Pesantrennya.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Saat ini saya adalah salah satu member paytren (dulunya VSI).

    Menurut saya, dalam hal melihat apakah paytren halal atau tidak, tergantung dari model bisnis (baca:marketing plan) yg ditawarkan.

    Karena sejatinya, hukum jual beli adalah halal, seperti yg sudah dikutip oleh admin dari situs pengusahamuslim.com, yg (menurut saya) terpercaya dalam pembahasan fiqih jual beli.

    Hingga saat ini, terjadi kesimpangsiuran dalam pengertian MLM pada kalangan masyarakat.
    Sehingga, seharusnya yg menjadi fokus pembahasan bukanlah kata MLM-nya, melainkan marketing plan dari suatu bisnis yg ditawarkan.

    Baik itu MLM atau bukan, apabila melanggar kaidah fiqih jual beli, maka akan menjadi haram, begitu pula sebaliknya, MLM atau bukan, bila sesuai dengan kaidah fiqih jual beli maka hukumnya menjadi halal (seperti yg juga sudah disampaikan admin, mengutip dari Ibnul Qayyim rahimahullahu taala anhum).

    Silahkan bagi anda sekalian yg ingin mengetahui dan mempelajari marketing plan dari paytren, bisa dilihat, dibaca dan dipelajari di, https://www.treni.co.id/marketing-plan/

    Pihak paytren sangat terbuka terhadap masukan apabila ada hal-hal dalam marketing plan tersebut yg dinilai haram (tentu saja harus didasarkan dengan dalil yang kuat).

    Harus diakui, budaya mendengarkan pendapat orang lain lebih "disukai" dari pada membaca dengan cermat literatur terkait sebuah permasalahan.

    Dan memang ada pihak2 tertentu, yang tidak tepat dalam penyampaian kepada masyarakat terkait apa itu paytren sebenarnya, padahal belum membaca syarat dan ketentuan yang berlaku yang tercantum dalam marketing plan.

    Kondisi ini diperparah oleh para member yg secara sengaja atau tidak sengaja, "menghalalkan" segala cara mengatasnamakan paytren untuk mencapai kepentingan pribadinya tanpa memperdulikan kaidah, tata cara, serta etika yg harus dilakukan dan sudah tertera pada marketing plan milik paytren.

    Catatan pribadi dari saya mengenai paytren adalah:
    1. Pemilik Paytren adalah Ustad Yusuf Mansur (sesuai dengan pernyataan beliau sendiri) dan sudah sepatutnya kita mempercayai hal tersebut. Karena yg saya tahu, saat ini (in syaa Allah sampai mati) beliau bukanlah pembohong).
    2. Paytren adalah produk Indonesia asli (ini juga pernyataan dari ustad yusuf mansur)
    3. 95% keuntungan paytren, dialokasikan untuk sedekah.(masih pernyataan dari ustad yusuf mansur)
    4. Selain transaksi bulanan, di dalam aplikasi paytren ada fasilitas lain yg sangat positif dan bermanfaat seperti motivasi, inspirasi, sedekah produktif, situs jual beli, dll.
    5. Pakai paytren atau tidak, setiap orang Indonesia pasti beli pulsa, bayar listrik, dll... dengan 4 alasan di atas, cukup bagi saya untuk membantu ustad Yusuf Mansur memperbaiki Indonesia.

    Ada selentingan yg mengatakan, kalau kita pakai paytren,malah akan semakin memperkaya ustad yusuf mansur.....

    Lalu,
    Bagaimana dengan beli rokok?
    Bagaimana dengan beli motor?
    Bagaimana dengan makan di restoran asing?
    Bagaimana dengan belanja di supermarket besar?
    Bagaimana dengan minum kopi branded?
    Apakah tidak ada orang yg diuntungkan dibalik semua transaksi itu?
    Apakah anda yakin hasil keuntungannya digunakan bukan untuk "menekan" Indonesia?

    Saya jadi teringat salah satu ucapan bijak.
    "Jangan tanya apa yg sudah bangsa dan negara ini berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yg sudah kau berikan kepada bangsa dan negaramu"

    Terima kasih kepada rekan fitrawanpaytren yg sudah menjadi admin, semoga bisa terus menebar manfaat dan kebaikan.

    Dan mohon maaf apabila ada yg salah atau keliru dalam tulisan saya.

    Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. gak berani lagi MLM.... ada indikasi RIBAnya...

      Hapus
    3. izin copas gan, izin juga copas kata kata yang ada di web ini :)

      Hapus
  9. Sepertinya ada indikasi Ribanya?

    BalasHapus
  10. pelajari dulu dengan seksama dan di tanyakan kepada ahlinya agar kita semua tidak terjrumus kepada yg subhat.. jangan tergiur dengan hasil tapi tergiurlah dengan kehalalan nya.. allahu'alam

    BalasHapus
  11. Sebenernya saya tertarik tapi Ada passive income itu bukannya termasuk haram, dengan sebutan reward saat downline kita bisa merekrut orang? Kalo dalam list haram mui passive income trmasuk didalamanya. Tolong dijelaskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum pak Ay,
      Menurut saya, ada baiknya bila kita baca dulu keseluruhan pengertiannya.
      Berikut saya "copy"kan poin ke 7 (dari 12 poin syarat MLM menurut MUI) yg menjelaskan hal tersebut.

      7.Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa;

      Passive Income atau komisi pasif seringkali menjadi hal yang diidam-idamkan oleh setiap pelaku MLM, apalagi moneygame yang berkedok MLM, banyak dari pelaku MLM yang menjanjikan passif income. Hal ini menjadi kritik point bagi pelaku MLM Syariah. Adanya passive income pada satu member biasanya –mau tidak mau- mengharuskan adanya kerja keras daripada pihak yg lainnya agar target penjualan dan keuntungan perusahaan tetap tercapai sehingga dapat membagikan bonus kepada para anggotanya. Jika passif income ini terjadi, maka dugaan kuat yang terjadi dalam rantai MLM tersebut adalah ketidak adilan anggota, ada yg bekerja keras namun mendapatkan bonus yg minimal dan di sisi lain akan ada member yang tidak melakukan kegiatan usaha apapun tetapi memperoleh bonus yg sangat besar karena mereka telah berada pada posisi tertentu.

      MLM syariah megharuskan setiap member/pelaku untuk selalu bekerja secara kontinyu sampai kapanpun,pada peringkat tertinggi dalam keanggotannya sekalipun, meskipun jenis pekerjaan mungkin berbeda. Dalam MLM ada beberapa jenis pekerjaan seperti memprospek atau mencari calon anggota baru, presentasi kpd calon anggota baru, merekrut, memfollow up member baru, menjual produk, membimbing downline, memberikan training dan pelatihan, mengontrol jaringan , dan bisa jadi ada yang hanya berperan mirip sebagai konsultan.

      MLM yang tidak menerapkan system passive income di dalamnya, biasanya selalu ada kewajiban tutup point, yakni kewajiban menjual produk bagi setiap member dalam jumlah tertentu setiap bulannya. Hanya saja bagi masyarakat awam, kewajiban tutup point ini justru menjadi hal yg dianggap tidak menarik bagi perusahaan MLM itu, tetapi ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh MLM syariah, logikanya adalah, jika setiap member tidak ingin menjual produk, atau member bisa mendapatkan bonus tanpa harus menjual, dari mana perusahaan akan mendapatkan keuntungan dan membagikan bonus kepada member?

      Dengan kata lain MLM Syariah biasanya selalu ada kewajiban tutup point atau kewajiban melakukan pembinaan agar tidak terjadi passive income.


      Nah dari penjelasan di atas, dan dicocokkan dengan marketing plan dari paytren, maka in syaa Allah paytren sudah menerapkan hal tersebut.
      Untuk lebih jelasnya, silahkan baca marketing plan dan syarat penerimaan bonus paytren.
      Terima kasih, semoga membantu.

      Hapus
  12. Saya orang awam yg saya ketahui klo MLM itu haram...

    BalasHapus
  13. Dpt bonus dr mana? ada temen bisa plesir kemana mana bisnis nya paytren ? Namanya jual beli ya jual beli satu akad saja. Tidak ada akad lain, sehingga jika byk metefrensikan ke org lain dpt bonus semakin byk, semakin byk bonusnya, sama aja dgn mlm Mohon dijelaskan

    BalasHapus
  14. Dpt bonus dr mana? ada temen bisa plesir kemana mana bisnis nya paytren ? Namanya jual beli ya jual beli satu akad saja. Tidak ada akad lain, sehingga jika byk metefrensikan ke org lain dpt bonus semakin byk, semakin byk bonusnya, sama aja dgn mlm Mohon dijelaskan

    BalasHapus
  15. Info Detail Paytren
    PIN BB: 5BB81646
    WA : 085341003881
    SILAHKAN KUNJUNGI!!!!
    http://www.paytrenofficial.com/?reg=tn0264304 atau http://tinyurl.com/jsyz24f

    BalasHapus
  16. Assalamua'laikum, mau nanya tntg paket basic s/d titanium? Apakah hal tsb tdk melanggar syariah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya join di bebasbayar, DAFTAR GRATIS.. Harga pulsany murah contoh pulsa Three 10 hargany Rp10.300 saya jual Rp12.000, untung Rp1,700 ditambah cashback Rp25. Kecil sih tapi saya syukurin aja.

      Untuk pembayaran listrik, pdam, bpjs, tv kabel, tiket, dll cashback hingga Rp2.400/transaksi saya memang upgrade ke account premium dgn biaya 150rb (sekali seumur hidup) tapi sebandinglah karena untuk mendapatkan cashback yang lebih besar.

      Saya sudah baca banyak info mengenai bisnis payment yg lain. Dan saya lebih suka pembayaran Bebas Bayar karena transaksi apapun yang gak pake lama, dan di account premium bisa tarik tunai saldo untuk dimasukan lagi ke dalam rekening.

      Saya tutup satu rekening saya lalu saya alokasikan sebagian saldo tabungan untuk dijadikan deposit, karena untuk diputar di usaha loket lagipula deposit di bebasbayar tidak ada biaya admin perbulan seperti di bank. Hehe

      Jadi jelas aplikasi bebasbayar untuk dipakai sendiri lebih hemat dan tentunya lebih praktis, dijadikan bisnis sampingan lebih untung.

      Dijadikan bisnis untuk mengembangkan jaringan juga oke, tapi tetep fokusny untuk pemakaian sendiri karena apabila diri sendiri terbantu dgn aplikasi bebasbayar ini, saya sarankan kepada orang lain pun dengan senang hati.

      Silahkan klik dibawah ini untuk mendaftar

      daftar disini

      Atau bisa juga dengan install aplikasi "bebasbayar" di smartphone android dan daftar dengan ID_SPONSOR :12448630
      KLIK LINK DIBAWAH INI :
      http://www.bebasbayar.com/play-store/?b=d9cdf967


      Pin bbm : 2BBE5659

      Terima kasih

      Hapus
  17. Yuk dibaca biar tau & ngga salah paham tentang PayTren
    Apa Sih PAYTREN, Gimana Sih Cara Kerjanya, Aku kalau Sudah Ikut Bisa Ngga ya Merektrut Orang , bisa Ngga ya Dapat Bonus, Tertipu Ngga ya.
    Masih Banyak Pertanyaan-Pertanyaan yang ada dikepala kita PASTInya….
    Menurut Hemat Saya :
    1. Jangan BINGUNG…
    NIATKAN Saja Bergabung di PAYTREN ini Untuk Sedekah, Sesuai dengan Motivasi Sang Pemilik, Ustadz Yusuf Mansur yang terkenal dengan PROGRAM SEDEKAHNYA…, apa yang kita jalankan adalah Mensupport Niat Beliau Untuk Membangun Sebanyak Mungkin Pesantren Bagi Anak2 Penghapal Al-Qur’an
    2. Keuntungan Langsung kita Apa Dong ??
    Kita Dapat Menggunakan Aplikasi PAYTREN Untuk kemudahan Transaksi-transaksi Keperluan Pribadi kita, Isi Pulsa HP (All Operator), Bayar Tagihan Listrik (Pasca Bayar), Beli Token Listrik, Bayar Tagihan PDAM, Telepon, Speedy, Indovision, Auora TV, Kartu Hallo, Bayar Cicilan Kredit Kendaraan : FIF, BAF, MAF, MCF, WOM, Pembelian Ticket Pesawat, Ticket Kereta Api, dsb. Transaksi ini kita Dapat Casback
    3. Bila Nantinya kita Dapat membentuk Jaringan dengan Mampu mengajak orang Untuk bergabung sekaligus Banyak mendapatkan BONUS itu Berarti ALLAH Ridho dengan Niat Kita….
    Ayoo Kembalikan Bahwa Semua ini Milik ALLAH, Kita hanya berproses untuk menjadi lebih Baik dengan Berusaha dan Berdo’a…..
    SEMANGAT UNTUK SEMUA...

    Info lengkap Paytren :

    www.leadersuksespaytren.com/novalalifudin

    BBM 5F569988
    WA / LINE 089698618995

    BalasHapus
  18. InsyaAllah kalau niat sedekah sdh mntap. Bonus2 yg didapat dri paytren trmsuk bonus pasangan sya bs pahami bukan trmsuk memakan harta org lain dgn cara zalim krn mnrt sya pemberian bonus hak mutlak perusahaan ingin beri dgn besaran brp pun. Toh ktentuannya pun berlaku utk smua member. Tapi sya masih ragu dgn niat member yg menggunakan atau upgrade paket mereka ke paket yg lbih tinggi kaya silver s/d titanium. Jelas niatnya mencari keuntungan yg lebih besar. Logika sya bs menerimanya krn jelas ini adalah suatu bisnis yg ksempatannnya diberi ke smua member. Tapi saya msih berharap ada yg bsa menjelasknnya dari sisi syariah agar lebih jelas dan yakin, serta bs mnjlaskan lebih detail kpd calon mitra yg akan sya ajk. Trima kasih banyak atas bantuan yg ingin mmbntu mnjelaskan. ☺

    BalasHapus
  19. Sebenernya gak dpaksa buat pakai paytren..ane pakai paytren bukan join ya
    Ane kalem2 aja..percaya aja toh kl gamau PAKAI PAYTREN ya gapapa..transaksi sambil sedekah..kl ane sih manfaat.a dapet
    Kl mau jualan pulsa ama listrik pln doang mah..daftar d konter2 gede aja..lebih murah n gratis kaya.a tuh...
    Kita beli mobil,motor apa hape apa kita tanya halal engga.a....itu kita beli karna bermaanfaat buat hidup kita
    PAYTREN memudahkan kita transaksi bayar2 n beramal jg...
    Gak d paksa PAKAI paytren..
    Jika Penjelasan yg kurang dr sponsor,,anda bisa baca d marketing plan dan d stiap seminar

    BalasHapus
  20. Dalam fatwa Al Lajnah Ad Daimah no. 22935 tertanggal 14/3/1425 H menerangkan mengenai MLM yang terlarang terhimpun berbagai permasalahan berikut:
    1. Di dalamnya terdapat bentuk riba fadhl dan riba nasi-ah. Anggota diperintahkan membayar sejumlah uang yang jumlahnya sedikit lantas mengharapkan timbal balik lebih besar, ini berarti menukar sejumlah uang dengan uang yang berlebih. Ini jelas adalah bentuk riba yang diharamkan berdasarkan nash dan ijma’. Karena sebenarnya yang terjadi adalah tukar menukar uang. Dan bukan maksud sebenarnya adalah untuk menjadi anggota (seperti dalam syarikat) sehingga tidak berpengaruh dalam hukum.
    2. Di dalamnya terdapat bentuk ghoror (spekulasi tinggi atau untung-untungan) yang diharamkan syari’at. Karena anggota tidak mengetahui apakah ia bisa menarik anggota yang lain ataukah tidak. Pemasaran berjenjang atau sistem piramida jika berlangsung, suatu saat akan mencapai titik akhir. Anggota baru tidaklah mengetahui apakah ketika menjadi bagian dari sistem, ia berada di level tertinggi sehingga bisa mendapat untung besar atau ia berada di level terendah sehingga bisa rugi besar. Kenyataan yang ada, anggota sistem MLM kebanyakan merugi kecuali sedikit saja yang berada di level atas sehingga beruntung besar. Jadi umumnya, sistem ini mendatangkan kerugian dan inilah hakekat ghoror. Ghoror adalah ada kemungkinan rugi besar atau untung besar. Padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang dari jual beli ghoror sebagaimana disebutkan oleh Muslim dalam kitab shahihnya.
    3. Di dalam MLM terdapat bentuk memakan harta orang lain dengan cara yang batil. Karena yang sebenarnya untung adalah perusahaan (syarikat) dan anggota telah ditentukan untuk mengelabui yang lain. Ini jelas diharamkan karena Allah Ta’ala berfirman,
    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ
    “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku saling ridho di antara kamu” (QS. An Nisa’: 29).
    4. Di dalam muamalah ini terdapat penipuan dan pengelabuan terhadap manusia. Karena orang-orang mengira bahwa dengan menjadi anggota nantinya mereka akan mendapatkan untung yang besar. Padahal sebenarnya hal itu tidak tercapai. Ini adalah bentuk penipuan yang diharamkan dalam syari’at. Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    مَنْ غَشَّ فَلَيْسَ مِنِّى
    “Barangsiapa menipu maka dia bukan dari golonganku.” (HR. Muslim dalam shahihnya).
    Begitu pula Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا فَإِنْ صَدَقَا وَبَيَّنَا بُورِكَ لَهُمَا فِى بَيْعِهِمَا وَإِنْ كَذَبَا وَكَتَمَا مُحِقَتْ بَرَكَةُ بَيْعِهِمَا
    “Orang yang bertransaksi jual beli masing-masing memilki hak khiyar (membatalkan atau melanjutkan transaksi) selama keduanya belum berpisah. Jika keduanya jujur dan terbuka, maka keduanya akan mendapatkan keberkahan dalam jual beli, tapi jika keduanya berdusta dan tidak terbuka, maka keberkahan jual beli antara keduanya akan hilang” (Muttafaqun ‘alaih).


    Sumber : https://rumaysho.com/2490-meninjau-hukum-mlm.html

    BalasHapus
  21. Jualan kaos dan jaket online aja ah, biar pelan" yang penting terhindar dari bisnis MLM. Soalnya di tokopedia juga bisa beli pulsa, voucher game, token pln,dll , downloadnya gratis, tanpa bayar atau ngajak orang, ya hidup itu pilhan sih, cuman yang kayak gini dulu DBS juga ada brand ambassadornya AA Gym, jadi udah gak aneh.

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah PayTren halal..
    salam rubah pola transaksi
    { Blog PayTren Only }

    BalasHapus
  23. Kalau menurut sy... Jika emang tujuannya sedekah..kenapa harus lewat MLM... Semisal di jual aja aplikasinya..yg beli aplikasinya brp % nya di masukan dlm sedekah. Dg cara bgni kan UYM juga bisa bangun masjid atau mengembangkan pondokannya.Ngak ush pake sistem rekrut2 segala. Bukannya kita ngak dapat pahalanya jika bersedekah tapi lewat jln yg haram. Maaf ya ini hanya menurut sy pribadi

    BalasHapus
  24. Woow... PayTren MLM o_o

    Darimana ya asal pendanaan untuk sedekah dan bonus yg berjuta juta tersebut?


    ILUSTRASI CASHBACK DAN SEDEKAH PAYTREN

    Kita ambil dari 1 contoh Transaksi Pulsa lewat APLIKASI PAYTREN ya....


    Paytren mempunyai keuntungan dari penjualan pulsa yaitu Rp.500..
    yang mana dari Rp.500 itu kemudian di bagi2 lagi..


    Operational 13,13% = Rp.66,-

    Transaksi pribadi 17,27% = Rp.75,-

    Sponsor langsung 11,51% = Rp.50-

    Generasi 2-10 4,60% = Rp.20,-

    Profit treni 15,40% = Rp.67,-

    Rabat nasional 11,51 = Rp.50,-

    Sedekah 2,88% = Rp.12.-

    26.8% = masuk ke Untungan Perusahaan dan dikembalikan ke Generasi 2-10

    66+75+50+20+67+50+12+(20x8)= Rp.500,-



    Lalu apa itu rabat nasional

    Rabat itu diskon atau potongan,

    *Rabat* merupakan potongan harga atau lebih sering dikenal dengan istilah diskon, Yang biasanya banyak swalayan menggunakannya untuk menarik konsumen datang ke toko mereka.

    Pada contohnya ketika menjelang hari besar, hari raya idul fitri misalnya, pastinya banyak swalayan yang menggelar diskon untuk berbagai kebutuhan, baik makanan, pakaian, dll. Dan biasanya rabat (diskon) ini diperhitungkan dengan persen.



    Ohhhh.. Seperti itu lohh ternyata,...

    Lalu, kenapa harus MLM sihhh..

    Kenapa gk jual aja tuh lisensi, trus Ownernya bangun Masjid dan sedekah sepuasnya...

    Jw.

    Ust.Yusuf Mansur selaku Owner dan Presdir dari PT. Veritra Sentosa Internasional yg menemukan Aplikasi bernama PayTren ini memiliki Visi dan Misi mulia,

    "Bangkitkan perekonomian Muslim Khususnya dan Indonesia Umumnya."

    Beliau tidak mau memonopoli keuntungan utk dirinya pribadi.

    Beliau menjadikan pengguna Aplikasi PayTren sebagai Mitra yg berhak mendapatkan bagi hasil dari tiap keuntungan tsb.

    How to do that..?

    MLM.

    Lihat penjelasan dan arti dari prinsip kerja MLM dalam ilmu ekonomi dan jangan sampai salah membedakan antara MLM dengan Pyramida, Binary ataupun Investasi Surat Berantai,

    https://www.google.com/amp/s/marianofaola.com/2015/06/06/perbedaan-mlm-dengan-skema-piramida-sistem-binari-dan-investasi-surat-berantai/amp/

    Jadi prinsip MLM digunakan untuk membagi keuntungan antara Perusahaan kepada Mitra Mitranya.

    Butuh info lebih lengkap?
    Silahkan hub Sponsor PayTren yg ber akreditas dan paham knowledge PayTren.
    Bukan bertanya pada OKNUM yang mengatas namakan PayTren demi keuntungan sesaat tanpa tanggung jawab.

    "Temukan Sponsor yang Tepat, Bukan yang Dekat"

    Salam.

    http://tiny.cc/maiipramestiwari




    BalasHapus
  25. Woow... PayTren MLM o_o

    Darimana ya asal pendanaan untuk sedekah dan bonus yg berjuta juta tersebut?


    ILUSTRASI CASHBACK DAN SEDEKAH PAYTREN

    Kita ambil dari 1 contoh Transaksi Pulsa lewat APLIKASI PAYTREN ya....


    Paytren mempunyai keuntungan dari penjualan pulsa yaitu Rp.500..
    yang mana dari Rp.500 itu kemudian di bagi2 lagi..


    Operational 13,13% = Rp.66,-

    Transaksi pribadi 17,27% = Rp.75,-

    Sponsor langsung 11,51% = Rp.50-

    Generasi 2-10 4,60% = Rp.20,-

    Profit treni 15,40% = Rp.67,-

    Rabat nasional 11,51 = Rp.50,-

    Sedekah 2,88% = Rp.12.-

    26.8% = masuk ke Untungan Perusahaan dan dikembalikan ke Generasi 2-10

    66+75+50+20+67+50+12+(20x8)= Rp.500,-



    Lalu apa itu rabat nasional

    Rabat itu diskon atau potongan,

    *Rabat* merupakan potongan harga atau lebih sering dikenal dengan istilah diskon, Yang biasanya banyak swalayan menggunakannya untuk menarik konsumen datang ke toko mereka.

    Pada contohnya ketika menjelang hari besar, hari raya idul fitri misalnya, pastinya banyak swalayan yang menggelar diskon untuk berbagai kebutuhan, baik makanan, pakaian, dll. Dan biasanya rabat (diskon) ini diperhitungkan dengan persen.



    Ohhhh.. Seperti itu lohh ternyata,...

    Lalu, kenapa harus MLM sihhh..

    Kenapa gk jual aja tuh lisensi, trus Ownernya bangun Masjid dan sedekah sepuasnya...

    Jw.

    Ust.Yusuf Mansur selaku Owner dan Presdir dari PT. Veritra Sentosa Internasional yg menemukan Aplikasi bernama PayTren ini memiliki Visi dan Misi mulia,

    "Bangkitkan perekonomian Muslim Khususnya dan Indonesia Umumnya."

    Beliau tidak mau memonopoli keuntungan utk dirinya pribadi.

    Beliau menjadikan pengguna Aplikasi PayTren sebagai Mitra yg berhak mendapatkan bagi hasil dari tiap keuntungan tsb.

    How to do that..?

    MLM.

    Lihat penjelasan dan arti dari prinsip kerja MLM dalam ilmu ekonomi dan jangan sampai salah membedakan antara MLM dengan Pyramida, Binary ataupun Investasi Surat Berantai,

    https://www.google.com/amp/s/marianofaola.com/2015/06/06/perbedaan-mlm-dengan-skema-piramida-sistem-binari-dan-investasi-surat-berantai/amp/

    Jadi prinsip MLM digunakan untuk membagi keuntungan antara Perusahaan kepada Mitra Mitranya.

    Butuh info lebih lengkap?
    Silahkan hub Sponsor PayTren yg ber akreditas dan paham knowledge PayTren.
    Bukan bertanya pada OKNUM yang mengatas namakan PayTren demi keuntungan sesaat tanpa tanggung jawab.

    "Temukan Sponsor yang Tepat, Bukan yang Dekat"

    Salam.

    http://tiny.cc/maiipramestiwari




    BalasHapus